Thursday, September 13, 2012

Tips membuat pleci tampil optimal di lapangan


Lomba Burung
Berikut ini saya share beberapa tips agar pleci bisa tampil dengan optimal dilapangan, tulisan ini pernah ada dalam sebuah tulisan di forum kicaumania.or.id jadi saya rangkum saja disini sebagai bahan referensi bagi anda yang merasa plecinya bekerja kurang maksimal dilapangan.

Hal pertama yang membuat burung pleci mampu tampil optimal ataupun bisa membuat burung menjadi kurang bekerja dilapangan adalah 

POLA PERAWATAN 
yang mencakup : 

Rawatan Harian Rawatan harian ini adalah hal yang sangat penting dan berhubungan langsung dengan penampilan Pleci di lapangan. Pola rawatan harian ini bisa berbeda beda tergantung kebiasaan, karakter dan keinginan burung itu sendiri seperti ada yang tidak memberikan voer pada plecinya tetapi konsisten dengan pemberian pisang, ada juga yang menggunakan voer lengkap EFnya, dan juga pemberian buah buahan sebagai menu utamanya seperti Pisang, Aple, jeruk, Peer dan lain lain. Pola rawatan harian ini harus selalu berkesinambungan dan kontinue terus menerus setiap harinya dengan konsisten seperti keluarkan pleci pada jam sekian, mandi setiap jam sekian dan pemberian EF dengan jumlah yang sekian.

Rawatan Lomba Banyak cara agar burung pleci bisa tampil di even even baik itu lomba lokal ataupun ajang ajang bergengsi, ada yang mempersiapkan mulai H-4 dst. Bermacam cara juga diterapkan dalam rawatan lomba ini mulai dari membuat burun gpleci birahi, mengasingkan pleci dari pleci lainnya, atau mencas dengan pleci betina .

Dari semua bentuk maupun cara rawatan harian ataupun rawatan lomba tersebut intinya adalah mengenali karakter dari burung pleci kita.

KUALITAS BURUNG

Inilah kunci utama dari burung pleci yang memang dirawat khusus untuk lomba lomba,. Jika burung pleci anda tidak berkualitas baik dari segi volume suara, Karakter dan lain lainnya maka biarpun pleci tersebut di'Build Up' dengan macam macam cara tetap saja tidak menghasilkan rawatan yang optimal untuk lomba. kualitas burung juga menentukan berhasil atau tidaknya pola rawatan harian yang kita berikan untuk pleci tersebut. karenanya sewaktu membeli pleci bahan ( untuk lomba ) sebaiknya dperhatikan juga karakter, segi suaram mental dan kecerdasannya. karena dengan faktor faktor tersebut, kita bisa menjadikan burung pleci yang lebih baik untuk ditarungkan di arena lomba. 

PENGELOMPOKAN PLECI ( KOLONI ) 

Sifat dari burung pleci adalah hidup berkelompoj atau berkoloni, Pleci lebih menyenangi berkumpul dengan sesama jenisnya. Metode ini bisa diterapkan di rumah hingga dibawa ke lapangan atau istilahnya pengecasan pleci.

CHARGE PLECI

Lomba Burung
Charge disini bukan seperti layaknya kita mengecas batere dari handphone tapi mengatur agar pleci tidak terlalu mengeluarkan energinya secara berlebihan karena dikhawatirkan burung akan lebih cepat lelah di arena lomba.Pengecasan bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya:

Pengecasan Pleci dari rumah sampai lapanganseperti membawa banyak pleci dari rumah, dengan jumlah minimal 2 ekor pleci yang ada di rumah sampai dibawa ke lapangan sebelum di gantang dan tidak diketemukan dengan pleci peserta lomba yang lain. 

Pengecasan dengan Pleci lainSeperti halnya burung Anis Merah sebelum lomba pleci yang dicas dengan pleci lain biasanya harus dicas dengan pleci lain yang merupakan lawan tandingnya dilapangan, biasanya yang akan ikut lomba sebelum digantang mereka berkumpul dan mengecas plecinya sebelum dilombakan.
Pengecasan dengan betinaMetode ini cukup populer, dengan mengkombinasikan metoda pertama, bisa dilakukan di rumah sampai lapangan atau hanya dirumah saja atau juga cukup dilapangan saja.

MENYENDIRIKAN PLECI
Harus diperhatikan juga tidak semua burung pleci suka berkelompok dalam rawatan hariannya ada yang lebh sua menyendiri. dan untuk pleci jenis ini bisa disendirikan dalam rawatan hariannya namun seblum lomba sebaiknya pengecasan tetap harus dilakukan.

SANGKAR DAN TANGKRINGAN
Masih banyak kicau mania yang kurang jeli terhadap penggunaan sangkar maupun tangkringannya, bahkan terkadang asal asalan saja. karena ada juga pleci yang suka dengan sangkar bulat tapi ada juga yang suka sangkar kotak hal ini karena kebiasaan plecinya saja. kalau si pleci sudah terbiasa dengan sangkar kotak dan kita ganti dengan sangkar bulat kadang si pleci akan nakal di lapangan. namun ada juga pleci yang tetap bandel ngeroll biarpun sangkarnya diganti. begitu juga masalah penggunaan tangkringan. coba perhatikan apakah tangkringan yang digunakan sudah cukup membuat nyaman si burung atau malah siburung lebih sering loncat naik turun. konsep dasar dari pemilihan tangkringan adalah kaki pleci mencengkeram setidaknya 80% lingkaran dari tangkringan tersebut.

NOMOR GANTANGAN
Seperti juga Anis Merah, Pleci ada yang suka digantang di pinggir ada juga yang suka ditengah. jika dirasa pleci anda akan bekerja kurang optimal di gantangan tengah bisa saja anda menukar tempat dengan peserta lain begitu juga sebaliknya jika dirasa sudah merasa nyaman di gantangan tersebut pleci sudah siap dilombakan, tetapi tidak semua arena lomba memperbolehkan menukar nukar nomor gantangan seperti even even atau lomba lomba besar.

Semoga tulisan ini bisa berguna sebagai bahan panduan bagi anda yang ingin plecinya tampil lebih optimal dilapangan. salam kicau. 
sumber : om cj : kicaumania.or.id

2 komentar :

SUKMA JAYA TANI said...

Good, tambah lagi artikel yang lain

Autohandel said...

This is so kind from you to save and protect these birds. Outstanding.

Post a Comment

Text Widget