Friday, January 15, 2016

Bumble Foot, Pembengkakan Pada Kaki Kenari

Banyak kicaumania yang mengeluh kaki burung kenarinya mengalami bengkak dan bernanah, atau biasa disebut bumble foot. Selain itu, tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa bengkak tersebut diakibatkan gigitan nyamuk. Padahal banyak sekali penyebab kaki bengkak pada kenari, antara lain tenggeran yang kurang cocok (misalnya terbuat dari plastik), infeksi bakteri, jamur, dan sebagainya.


Pada tahap pertama, bumble foot akan terlihat seperti jerawat kecil berwarna merah muda, dan biasanya terletak pada telapak kaki, di sela-sela jari, atau bahkan di pangkal kukunya. Jika tidak segera diatasi, jerawat kecil ini akan membesar dan membengkak kebiruan.

Apabila kondisinya sudah seperti itu, dan tetap tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kaki-kaki kenari. Penyakit ini jauh berbeda dari scaly leg, atau kaki berkerak akibat kutil / lesi yang membesar dan disebabkan oleh tungau kaki.
Dari bintik kecil (kiri) akan muncul bengkak yang lebih parah yang disebut “bumble foot”

Beberapa penyebab kaki bengkak pada kenari:
  • Bengkak pada kaki kenari bisa disebabkan burung terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkadar serat tinggi. Akibatnya terjadi timbunan asam urat dalam aliran darah yang lama-mana menjadi kristal seperti jarum tajam. Jarum ini akan mengikuti aliran darah dan menumpuk di persendian atau telapak kaki, sehingga menyebabkan infeksi.
  • Burung kenari mengidap penyakit ginjal.
  • Kenari mengalami obesitas (kegemukan).
  • Kenari mengalami kekurangan gizi (malnutrisi).
  • Tangkringan / tenggeran tidak sesuai, misalnya terbuat dari plastik, diameternya terlalu lebar, terlalu banyak ampelas, terlalu tajam, dan sebagainya.
  • Tangkringan kotor, sehingga bakteri mudah berpindah ke telapak kaki burung. Telapak kaki merupakan bagian terlemah dari burung, karena tidak dilindungi sisik atau bulu.
Dari bintik kecil (kiri) akan muncul bengkak yang lebih parah yang disebut “bumble foot”Telapak kaki merupakan bagian terlemah dari burung, karena tak bersisik dan tak berbulu.

Bumble foot tidak akan muncul pada bagian lain dari tubuh kenari, karena bagian tubuh selain telapak kaki dilindungi oleh bulu-bulu, atau sisik (kaki / shank), atau zat tanduk (paruh). Bulu, misalnya, mampu menyerap kelebihan asam urat.

Faktor lainnya adalah posisi telapak kaki berada paling bawah, sehingga asam urat dalam aliran darah pasti akan turun ke bawah akibat tarikan gravitasi. Saat di telapak kaki inilah, asam urat yang sudah berbentuk jarum tajam akan menusuk dan menginfeksi.

Pada tahap awal pembengkakan, pengobatan terbaik adalah dengan melunakkan tankringan. Caranya bisa menggunakan perban atau kain yang dililitkan pada tangkringan.

Pada saat yang bersamaan, Anda juga mesti memberikan pola makan yang teratur dan lebih tinggi kandungan nutrisinya. Misalnya dengan memberikan sayuran berwarna hijau tua sebagai sumber vitamin A , atau lebih baik lagi menggunakan pakan burung berkualitas tinggi (memiliki kandungan yang komplet dengan komposisi yang serasi dan seimbang).

Untuk pengobatan, Anda bisa mengoleskan BirdCream pada bagian kaki yang bengkak. Obat ini sangat manjur. Pada burung kenari, sebagaimana pengakuan beberapa pembaca dalam boks komentar, biasanya bisa sembuh dalam waktu 4-6 hari. Sedangkan pada jenis burung kicauan yang lain, seperti murai batu, sekitar 5 – 7 hari.

Jika pembengkakan dalam kondisi sudah sangat parah, pemberian perban mungkin diperlukan dengan penggantian perban secara berkala. Bersihkan kaki yang luka dengan cairan pembersih (boleh Revanol, atau alkohol 70%), kemudian oleskanBirdCream secara merata. Setelah itu kaki yang bengkak diperban.

Perawatan kenari yang terkena bumble foot
Mencegah Bumble Foot, Pembengkakan Pada Kaki Kenari itu lebih baik

Bagaimana pun, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini beberapa langkah preventif agar kenari Anda tidak mengalami bengkak kaki bernama bumble foot :
  • Teratur membersihkan kandang / sangkar dan aksesoris di dalamnya, termasuk tenggeran.
  • Memotong kuku kenari jika terlihat panjang.
  • Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, serta terhindari dari defisiensi mineral, dianjurkan menggunakanBirdVit dan BirdMineral, yang sekaligus dapat mempertahankan dan meningkatkan sistem imun pada tubuh burung.
  • Jika tenggeran dirasa kurang pas, misalnya diameter terlalu besar, atau terlalu banyak diampelas, dianjurkan untuk mengganti tenggeran yang lebih sesuai dengan cengkeraman burung.
  • Memberikan makanan yang mengandung Vitamin A seperti sayuran segar yang berwarna hijau tua.
  • Tidak berlebihan dalam memberikan telur rebus, karena dengan konsumsi telur rebus secara berlebihan akan membuat kadar asam urat dalam darah burung meningkat dan bisa menjadi awal penyebab terjadinya penyakit bumble foot
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: