Thursday, October 24, 2013

Cara merawat Burung Pleci Liar Tangkapan Alam

Burung Pleci 


Perawatan di sini adalah supaya burung pleci yang kita beli atau hasil pikat dari alam hidup dulu, jangan berharap untuk mau makan voer, perlu penyesuaian selama 2 minggu, sebulan, dst...

Dan jangan berharap pleci akan segera berbunyi, karena paling tidak kira kira 3 bulan burung pleci baru mau ngriwik ( dalam hal tertentu ada yang sebelum 3 bulan ), makanya saya bingung sendiri, ada yang bertanya pleci baru rawatan 2 minggu kok sudah minta berbunyi, bisanya cuit cuit aja. TIDAK ADA YANG INSTAN DALAM DUNIA BURUNG  ( ada joke yang mengatakan kalo beli ombyokan sekarang , lomba nya bisa 5 tahun ke depan, he he ) , burung mapan minim perawatan setahun...

  • Penjinakan ini sangat penting dilakukan, karena burung akan berani berkicau jika burung tersebut nyaman dikandang, salah satunya adalah karena burung sudah jinak.
  • Faktor yang mempengaruhi dan mempercepat penjinakan antara lain adalah Pemilihan kandang,  Semakin kecil kandang, semakin tidak banyak gerak, sehingga akan mempercepat proses penjinakan.
Secara umum bila burung bakalan kicauan anda hanya diberi makan dan minum tanpa perawatan khusus maka burung kicauan anda akan lama jinaknya oleh sebab itu dibutuhkan tips tertentu agar Burung Pleci Liar dapat lebih cepat jinak, diantaranya adalah:
  • Pada hari pertama anda mendapatkan burung pastikan burung bakalan mau makan, karena kalau tidak mau makan berarti burung anda tidak ada niatan untuk hidup. dan yang jelas anda harus tau makanannya apa? bedakan burung pemakan serangga dengan buah buahan oleh sebab itu berikan makanan yang sesuai dengan makanan kesukaannya.. Berikan pakan yg hidup yang bergerak dulu, misal ulat hongkong, ulat kandang / balap, jangkrik kecil, sehingga burung pleci akan  melihat ulat yang bergerak dan akan merangsang untuk memakan nya  ( tidak di anjurkan member i kroto, karena tidak bergerak )., boleh di berikan buah buahan yg di senangi pleci, boleh kasih madu dalam cepuk kecil atau air gula.
  • Letakkan burung ditempat yang sering dilalui manusia agar lebih cepat manusiawi alias cepat beradaptasi dengan manusia. Pertama kali burung pleci akan giras dan glabagan sampai menimbulkan luka, hal ini tidak apa apa , untuk melatih pleci tersebut.
Buat agar burung pleci anda lapar sehingga burung akan bergantung dengan anda namun jadwal memberi makan harus diatur. misalnya pagi diberi jangkrik kecil / ulat 3 ekor setelah itu biarkan sampai siang setelah jam 12 beri lagi 2 ekor jangkrik kecil / ulat sampai sore jam 5 beri lagi jangkrik/ ulat  3 ekor. lakukan sampai beberapa hari agar burung liar anda bergantung dengan anda saat  lapar, setelah seminggu dijamin burung anda akan mendekati anda bila dia lapar.
  • Setelah melewati masa 1 minggu dari masa perawatan anda mendapatkan burung liar, maka sudah bisa dipastikan bahwa burung liar anda ada niatan untuk hidup. selanjutnya mulai bisa diatur perawatan lebih khusus diantaranya adalah melakukan pemandian.  pada hari ke 8 Setelah diberi jangkrik 1 ekor saja mandikan burung dengan cara disemprot perlahan dari posisi atas sangkar. setelah disemprot atau dimandikan jemur burung, setelah terlihat kering berikan 2 ekor lagi jangkrik/ ulat..
  • Jangan biasakan memberi makan burung dengan tangan hal ini agar burung anda nanti tidak manja. jadi, letakkan jangkrik / ulat selalu di tempat pakannya. Lakukan perawatan pemandian dan pengaturan makan secara rutin, setelah 2 minggu perawatan biasanya burung telah jinak dan bergantung anda dalam  hidupnya. Setelah burung jinak maka tinggal menunggu saja burung kicauan anda pasti akan segera bertengger atau bunyi.
  • Bila anda ingin burung liar anda mau makan voer hal ini butuh proses agak lama lebih kurang 1 bulan. caranya dengan mencampurkan vour dengan ulat kandang / ulat hongkongatau dengan kroto. lakukan secara berturut turut dalam waktu 2 mingguan burung anda sudah terlihat kotorannya bercampur warna vour hal ini menandakan burung anda telah makan vour. , atau bisa mencampurkan pisang di potong kecil di masukkan ke tempat voer dan di lumuri voer tsb. Supaya burung pleci mau makan boleh di campur dengan pleci lain yg sudah makan voer atau yang sudah kita rawat, setelah kelihatan mau makan, boleh di pindah sangkar lain.
  • Untuk 1 minggu pertama sebaiknya tidak di kerodong, setelah agak lama boleh belajar memakai kerodong, di mulai dengan kerodong tipis atau yg berwarna putih.
  • Biarkan sangkar nya kotor se jorok jorok nya selama 2 minggu pertama, karena kotoran bagi burung adalah penanda itu adalah daerah teritorial nya, sehingga pleci akan segera merasa nyaman dalam rumah nya yang baru. setelah itu rutin di bersihkan setiap hari, 3 hari sekali, dst...
  • Tidak lupa untuk menambah variasi suara pleci kita , boleh dilakaukan pemasteran dengan mesin ( untuk pemasteran silahkan baca di CATATAN pemasteran burung pleci )   Hal terpenting dalam perawatan burung agar menjadi sesuai dengan yang diharapkan para Pleci Mania adalah Rutinitas perawatan Terjadwal.
Semoga dapat membantu, mohon maaf  bila ada kekurangan.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: