Wednesday, October 30, 2013

Uniknya Burung Murai Batu



Uniknya Murai Batu (ocehankenari) -Murai Batu siapa yg belum mengenalnya, dirasa-rasa hampir semua penduduk cukup familiar dng nama tsb. Sbh nama yg wujudnya mempunyai keelokan nada yg mengagumkan, tatanan tubuh yg anggun, cukup jantan utk memenangkan sbh perlombaan burung yg kesemuanya ditujukan pd murai batu. Hingga rasa takjub lalu dihadiahkan untuk burung yg banyak dimiliki oleh pencinta burung ocehan. Sedari demikian banyak yg mengupas tentang dari burung murai batu, dimulai dari panduan perawatannya, langkah menentukan bakalan yg baik, langkah melatihnya, atau makanan yg baik untuknya, kesemuanya telah barang pasti jadi catatan yg biasanya telah dibaca oleh penduduk luas. Namun dlm artikel ini dapat mengulas tentang keunikan yg dimiliki oleh murai batu.

Biasanya burung murai batu jalur penyebarannya telah ada di semua indonesia dimulai dari Aceh hingga pd daratan kalimantan, namun penyebaran diluar negeri lalu burung murai sendiri memperoleh tempatnya adalah di Malaysia, Thailand, Filipina serta di sebagian daerah di Asia Tenggara yang lain serta sebagian di asia sedang dan selatan tetapi tak hingga menginjak daratan eropa hingga ini keunikannya cuma dimiliki oleh daratan benua asia.

Dari usia yg dimilikinya tak kalah ramai dari ukuran tubuh yg memiliki kisaran rata-rata 15-25 cm dapat meniti hidup meraih 10-15 th. yg amat jarang dimiliki type burung-burung lain biasanya.

Keunikan yg butuh dituliskan setelah itu adalah dari tanda-tanda yg dimiliki utk murai jantan biasanya memiliki kepekatan pd bulu serta jika dibagian atasnya hitam maka berwarna hitam serta berkilauan. Bila diternak pd usia 1 tahunan biasanya kecacatan nada bisa dihindari. Untuk murai betina sendiri lebih pada warna pudar yg dimilikinya baik dibagian pundaknya ataupun dadanya yg kuning muda.

Setelah itu, saat sulitnya serangga didapat bila berlangsung musim penghujan untuk burung murai sendiri utk persediaan makanan di saat reproduksi maka cerdiknya disiasati dng melacak makanan sebelum saat musim penghujan datang hingga nutrisi bisa dipenuhi saat melakukan saat reproduksi diakhir musim penghujan.



Dari sisi penggemar burung murai batu, umumnya hobiis lebih menentukan murai batu Jambi yg argumennya menurut keindahan suaranya dan lincah yg dimilikinya waktu berkompetisi berbarengan burung-burung yg lain. Ini bisa di dukung dari postur tubuh yg cukup tengah serta kisaran panjang ekor yg cuma 14-17 cm hingga murai batu Jambi tak mempunyai beban yg berat di ekornya utk beri dukungan kesuksesan eventnya.

Tidak saat daripada itu, di waktu musim kawin bila murai batu dlm penangkaran yg bukan hanya di alam liar. Kelebihan yang didapatkannya adalah keriwetan peternak saat menangani musim kawinnya. Pentingnya pengaturan tingkat stress, mesti bersihnya dari tikus, cicak, serta tokek. Dan utk pejantannya menunjuk sikap yg amat agresif pada betina hingga butuh pengaman spesial utk menginginkan minimnya efek yg terkena murai batu betina. Menurut yg sudah-sudah, untuk peternak yg pingin membuahkan anakan yg memiliki motivasi tempur yg tinggi dan nada merdu butuh menyiapkan indukan jantan yg memanglah telah memperoleh juara dlm perlombaan burung kicauan untuk indukan betina cukup melacak yg memiliki keelokan nada yg dimiliki indukan jantan, serta postur yg baik dimilikinya hingga bisa membuahkan keturunan yg sama sebaiknya dari indukannya.

Yang diakhir keunikan yg dimiliki murai batu adalah dari golongan dari keluarga Turdidae yg khasnya mempunyai nada merdu. Spesial untuk murai batu yaitu memiliki karakter yg cerdas di karenakan kepandaiannya saat menirukan nada yg didengarnya jadikan keunikan yg tak main-main utk tak bisa dimiliki burung-burung yg lain. Serta mudahnya jinak pada manusia yaitu polesan paling akhir dari keunikan murai batu.

Dari itu tidaklah salah untuk penggemar burung ocehan utk menentukan murai batu yg telah tak diragukan lagi kebolehannya di kancah perlombaan burung yg kerap diikutinya.

No comments:

Post a Comment

Empat hal penting dalam menjaga anis kembang agar tetap ngerol

Perawatan burung anis kembang bakalan memang tidak mudah dan harus melewati waktu lama agar ngerol secara rajin. Namun dalam berbagai kasu...