Thursday, April 12, 2012

Jenis Burung Berkicau

Ada banyak macam jenis burung berkicau lokal yang ada di pasaran baik di rumahan maupun yang ada di penangkaran. beberapa burung kicau yg populer di kalangan para pecinta burung  karena kicaunya yang bagus dan juga mudah perawatannya, antaranya :


Burung Punglor (Zootheria Citrina) yang tergolong Vertebrata marga Zootheria, bangsa passeriformes, suku Turdidae, dan kelas Aves ini memiliki bulu yang indah. Habitat Punglor adalah hutan sekunder dataran rendah dan dataran yang memiliki ketinggian hingga 900 M di atas permukaan air laut. Itu si teoritisnya, dan sekarang populasinya di alam liar sudah sangat sedikit. Ada dua jenis punglor yang populer di indonesia :

punglor kembang/anis kembang


punglor merah/anis merah

2. Burung Murai Batu,    Murai batu (Copsychus malabaricus) merupakan burung kicau paling populer. Termasuk ke dalam family Turdidae. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung malaysia, dan sebagian pulau Jawa.
Jenis yang dianggap terbaik adalah Murai Batu Medan.


murai batu medan


Burung Kacer (chopsychus saularis) merupakan salah satu burung kicau dengan jenis fighter dan mempunyai banyak sekali jenis salah satunya adalah chopsychus saularis atau biasa dikenal dengan kacer poci atau kacer putih atau kacer sumatra, yg berkembang di habitat asia, walaupun bgt ada jg jenis kacer yang juga sngt populer di indonesia diantaranya kacer jawa atau kacer hitam (chopysychus sechellarum)

kacer poci/kacer sumatra/kacer putih

kacer jawa/kacer hitam


Burung tledekan (niltava sumatrana) jenis ini banyak berkembang di indonesia, dan jg ada jenis lain yg jg populer yaitu jenis niltava sundara atau tledekan suling atau tledekan bambu, juga tledekan mini. Burung tledekan adalah salah satu burung petarung sebagaimana juga burung murai batu dan burung kacer sifat tarungnya muncul seiring dengan bertambahnya umur dan tingkat. Burung tledekan mempunyai panjang badan berkisar antara 8 s/d 20 cm membedakan jenis kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras diantara mereka. Selain tiga jenis diatas ada terdapat bnyk sekali jenis tledekan, tapi di indonesia yg paling populer dan banyak dikoleksi diantaranya adalah tledekan suling.

tledekan suling/tledekan bambu

tledekan biru/tledekan laut

tledekan mini

Selain burung burung tersebut diatas masih sangat banyak jenis burung kicau yang populer di indonesia.

Sumber :

3 comments:

  1. Di tunggu Artikel tentang Burung Sri Gunting. Terakhir saya liat di alam bebas tahun 1984 di depok.

    ReplyDelete
  2. Artikelnya burung bagus baget boz, saya tunggu artikelnya lagi boz

    ReplyDelete

Empat hal penting dalam menjaga anis kembang agar tetap ngerol

Perawatan burung anis kembang bakalan memang tidak mudah dan harus melewati waktu lama agar ngerol secara rajin. Namun dalam berbagai kasu...