Tuesday, March 26, 2013

Kandang Murai Batu Minimalis Jauh Lebih Produktif

Kandang penjodohan yang diberi sekat pemisah

Burung jenis murai batu sangat identik memiliki ciri khas spesifik dengan menonjolkan sifat fighternya yang sangat kental. Tak dipungkiri burung satu ini tak bisa dipisahkan dari para penghobinya. Maka pantaslah murai batu merupakan salah satu jenis burung yang banyak didambakan berbagai kalangan kicaumania. Seiring dengan membanjiri akan permintaan pasarnya pun, secara otomatis penangkaran khusus si ekor panjang, kini telah menjamur hingga ke berbagai daerah yang tentunya menjadi salah satu lahan usaha yang sangat menjanjikan.

Seperti halnya penangkaran murai batu milik Teguh Prabowo (29) yang beralamat di Perum Suci Permai, Kota Garut, kini tengah menjadi sorotan para murai mania dari berbagai kota, dimana dari trah indukannya, sebagian besar memiliki kualitas lomba yang cukup diakui. Secara otomatis regenerasi dari para anakannya pun telah menuai prestasi disetiap lombanya dengan baik. Selain sebagai breeder sejati, sosok satu ini pun merupakan salah satu anggota kepolisian yang bermarkas di Polres Garut.

Walupun kegiatan dalam kesehariannya sangat padat, namun dengan semangat serta ketekunan dengan tekat bulatnya, kini, telah berhasil menciptakan suatu lapangan pekerjaan yang sangat positif. Awalnya, Teguh sangat tidak menyukai mengoleksi berbagi jenis burung, karena dipercaya sangat menyita waktunya. Namun setelah sering bergaul dengan para rekan kicaumania, terbukti hasilnya, bahwa mengoleksi burung, khususnya dipenangkaran secara langsung menambah penghasilan perbulannya yang sangat menggiurkan. “Alhamdulillah berkat menangkarkan si ekor panjang, kini penghasilan saya bisa dikatakan lebih baik, dan rencana kedepannya saya akan memperluas penangkaran jenis satu ini lebih serius lagi. “Tandasnya”


Si jantan murai batu yang siap dijodohkan

Saat ini, tempat penagkaran yang telah dirintisnya kurang lebih satu tahunan dan masih menempati lahan kosong di halaman rumahnya, yang diisi 10 pasang indukan murai batu produktif asal Sumatera. Padahal dalam awal kariernya menangkarkan burung tersebut, Teguh melakukannya hanya iseng belaka, tentu dengan bermodalkan satu pasang indukan murai batu, secara mengejutkan penangkaran kecilnya tersebut menuai keberhasilan. Dari awal itulah, Teguh langsung termotivasi dan berambisi ingin mengabulkan cita-citanya, bertujuan guna melestarikan burung jenis ini, terbukti dialam liarnya sudah sangat memprihatinkan, maka dengan penangkaran lah satu-satunya solusi yang sangat tepat dengan imbalan yang tak ternilai harganya. Meskipun dari pengalaman ilmu yang didapatnya secara otodidak, namun telah menunjukkan tingkatan keberhasilannya dengan baik.

Satu minggu, merupakan waktu ideal dalam proses penjodohan calon indukan murai batu, dengan cara kedua indukan dimasukan ke kandang penjodohan yang diberi sekat pemisah, agar kedua indukan dapat beradaptasi dengan sendirinya, sewaktu-waktu sekat tersebut pun dibuka agar kedua indukannya dapat mengenali calon pasangannya lebih dekat lagi, bila salah satu indukannya masih terlihat galak, maka kedua calon indukan tersebut dipisahkan lagi dengan cara sekatannya ditutup kembali, namun pada akhirnya secara continue kedua indukannya pun akan lekas berjodoh dengan ciri saling berinteraksi atau sering berdekatan dan melangsungkan produksinya.

Kandang minimalis dapat dijadikan solusi terbaiknya. Keunggulan dari kandang jenis ini, tentunya banyak sekali manfaatnya, selain dapat dipindah-pindahkan ke lokasi lain, juga bisa menempati lahan yang sangat terbatas, salah satunya dihalaman rumah atau tempat-tempat minim lainnya. Disisi lainnya juga, keunggulan kandang minimalis yakni dapat merubah suasan lingkungan sekitar yang dikehendaki atau dapat ditata sesuai keinginan. Terlebih dari segi kebersihan pun dapat diminimalisir dengan baik.

Ukuran kandang minimalis yang digunakannya, Panjang 1 meter , sementara Lebar dan Tingginya memiliki ukuran yang sama yaitu 90 cm, terbuat dari bahan anti karat, seperti alumunium dan ram kawat, dengan total menghabiskan biaya untuk satu pasangnya kurang lebih 1 jutaan.

Terlebih saat dalam pelolohan para anakannya, Teguh selalu mempercayakan pada pakan BnR, terbukti perkembangan dari hari ke harinya sangat cepat dengan memiliki postur tubuh yang baik dan sangat sehat. Menjadikan para anakannya selalu menjadi rebutan para murai mania yang datang dari berbagi kota, maka pantaslah bahwa kualitas pakan BnR, telah teruji dan menjadi salah satu produk unggulan kepercayaannya. 

No comments:

Post a Comment

Empat hal penting dalam menjaga anis kembang agar tetap ngerol

Perawatan burung anis kembang bakalan memang tidak mudah dan harus melewati waktu lama agar ngerol secara rajin. Namun dalam berbagai kasu...