Wednesday, November 28, 2012

Jika Burung Mematuki Bulu Sendiri




Burung yang memiliki perilaku yang tidak normal biasanya menunjukkan gejala seperti mematuki bulunya sendiri. Salah satu gejala perilaku yang tidak normal ini bisa disebabkan burung mempunyai gangguan kesehatan pada bulunya ataupun karena burung baru selesai mandi.

Burung yang mematuki bulunya sendiri bisa dikatakan masih normal jika baru saja selesai dimandikan karena pada saat itu burung sedang merapikan bulu-bulunya serta merias dirinya. Sedangkan burung akan membuang bulu-bulu yang sudah dianggap tidak sehat ataupun jika bulu mengalami patah-patah.

Seekor burung yang mencabuti bulunya sendiri yang bisa dikatakan sebagai perilaku yang tidak normal bisa ditunjukkan dengan beberapa faktor diantaranya :
  • Kemungkinan burung anda berada di tempat dengan udara yang terlalu kering.
Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk menyiram burung anda dengan menggunakan hand sprayer pada waktu udara panas selama dua hari sekali saja.
Anda bisa menyemprot burung beserta kurungannya namun usahakan untuk tidak membuat burung menjadi ketakutan. Jadi lakukan penyemprotan secara halus dengan pelan-pelan seperti air hujan sepoi-sepoi basah.
  • Kemungkinan burung kesayangan anda kekurangan vitamin dan mineral, termasuk mineral oil.
Untuk mengatasi hal ini anda bisa memberikan vitamin dengan memasukkannya ke dalam air minum atau pakan burung tergantung dari bentuk vitamin dan mineral yang diberikan.
  • Kemungkinan burung anda terkena parasit seperti flea dan kutu mite.
Untuk mengatasi hal ini anda bisa menyemprot burung secara hati-hati dengan menggunakan insketisida yang mengandung bahan aktif pyrethrine.
  • kemungkinan kandang kurang mendapatkan sinar matahari dan ventilasi.
Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengupayakan untuk memperbaiki pemasukan sinar ultraviolet dan ventilasi yang cukup.
Tips tambahan

Lakukan keseluruhan cara mengatasi persoalan bulu dengan memperhatikan kandang, semprot, pemberian vitamin-mineral, pembasmian kutu, dan lain-lain. Secara simultan. Dengan demikian bisa diharapkan hasil yang maksimal.


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: