Wednesday, September 19, 2012

Mengenal burung samyong si peniru yang ulung



Burung Samyong

Burung Samyong siapa yang tidak kenal dengan burung asli NTT ini. burung samyong atau Bare-throted Whistler (Pachycephala nudigula) adalah burung pengicau dari keluarga Pachycephalidae yang termasuk kedalam genus Pachycephala. Keberadaan burung jenis ini hanya berada di wilayah Indonesia atau lebih jelasnya merupakan salah satu burung epidemik Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Burung Samyong berukuran sedang, kira-kira 18-19 cm. burung jantan mempunyai warna bulu hijau zaitun, ekor berwarna gelap, kepala berwarna hitam dan tenggorokan tidak berbulu berwarna merah. burung betina memiliki warna bulu hijau kekuningan, kepala abu-abu tua dan tenggorokan mempunyai bulu. burung Whistler asli Indonesia ini menyukai hutan hutan kering dataran rendah. mencari makanan berupa serangga dicabang-cabang pohon.

Burung Samyong

Burung yang memiliki nyanyian yang keras dan lantang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan penggemar burung kicauan, suaranya yang keras dan pintar menirukan suara burung lainnya ( bahkan hampir mirip ) termasuk burung sejenis cucak rawa dan muray batu membuat burung ini semakin banyak dicari untuk dijadikan koleksi kicauan sehingga menjadikan keberadaan burung ini semakin sulit didapati di pasar pasar burung dan seiring dengan peraturan pemerintah yang kini lebih memperketat keluar masuknya burung asli daerah menjadikan harga burung ini semakin melambung.

Perawatan burung ini hampir sama dengan rawatan burung burung pemakan serangga lainnya, hanya saja untuk jenis burung ini ternyata tidak tahan panas dan harus digantung di tempat yang sejuk, teduh dan pada waktu penjemuran sebaiknya tidak lebih dari 30 menit saja.

Sumber : http://kmbogor.blogspot.com/2012/08/mengenal-burung-samyong-si-peniru-yang.html
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: