Monday, September 3, 2012

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan vs Betina


Cucak Ijo Jantan
Cucak ijo (Cucak Hijau) merupakan golongan burung merbah pemakan buah buahan dan juga serangga, biasanya hidup di hutan hutang yang rindang. Burung ini cepat beradaptasi dengan lingkungan dan termasuk burung cerdas karena bisa menirukan suara burung yang lainnya. Namun burung cucak ijo juga gampang lupa dengan isiannya, Sehingga untuk penghobi burung cucak ijo yang suka lomba harus selalu memaster burung cucak ijo agar isian tidak hilang. Isian yang dimaksud adalah Lagu atau kemampuan burung menyanyikan suara burung yang lain.


Cucak Ijo pergerakan harganya terus meningkat tajam dalam setahun saja bisa terjadi kenaikan antara 50rb s.d 100rb, sehingga jika anda hoby dengan burung ini bisa mencoba berternak. 

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan betina sangatlah penting dalam hal jika anda ingin memiliki untuk dipelihara apalagi ingin ditangkarkan. Pasalnya, Burung Cucak Ijo Jantan lebih sering berkicau daripada si Betina, Cucak Ijo Jantan juga lebih agresif dari Betina. 

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan betina :

Untuk burung yang sudah dewasa tidaklah sulit, karena perbedaan sangat jelas terletak pada Topeng hitam dibawah paruh hingga leher bawah. Untuk cucak ijo Betina, Dasi/topeng hitam itu tidak ada melainkan hanya warna kuning dibawah paruhnya.

Sedangkan untuk yang masih anakan atau trotolan anda bisa melihat pada Lingkar Mata, bila lingkar mata ada garis kuning tebal itu menandakan burung jantan karena bila betina lingkar kuning di sekitar mata itu tidak ada. 

Bila masih anakan juga bisa dilihat dibawah paruhnya, bila jantan paruh tampak lebih hitam dibandingkan yang betina, Warna kuning dibawah paruh bila jantan bercampur dengan hitam sedangkan yang betina warna kuning bercampur dengan warna putih.

Tiga hal diatas (lingkar mata, paruh, dasi/topeng) adalah penampilan secara fisik yang bisa diamati pada bakalan burung cucak ijo, dengan cara lain secara medis anda bisa melakukan test darah atau test genetika namun hal ini sangat jarang dilakukan karena mengingat biaya uji coba dengan harga burung tidaklah sesuai.

Itulah Tips Cara membedakan kelamin cucak ijo jantan dan betina sebagai persiapan memilih burung cucak ijo yang baik untuk lomba maupun untuk ditangkarkan. Semoga bermanfaat.

sumber : http://infoting.blogspot.com/2012/08/cara-membedakan-cucak-ijo-jantan-vs.html

0 komentar :

Post a Comment

Text Widget